Cara Memperpanjang Umur Baterai HP

Cara Memperpanjang Umur Baterai HP
Cara Memperpanjang Umur Baterai HP

Cara Memperpanjang Umur Baterai HP – Smartphone atau Tablet memang sangat membantu dalam kegiatan kita sehari-hari, namun bagaimana jika hal yang tidak di inginkan terjadi, contohnya baterai dari Smartphone atau teblet kita sudah gampang ngedrop atau sudah kembung bahkan bocor, pastinya kita akan menggantinya bukan? namun jika hal itu terlalu sering terjadi, pasti selain membuat boros uang untuk membeli baterai lagi juga membuat beberapa hal terbengkalai.

Nah karena itulah kita harus selalu merawat baterai agar tetap terjaga lebih lama dan dengan merawat baterai smartphone atau tablet kita sejak dini, pastinya akan memperpanjang umur baterai smartphone serta tablet, nah bagaimana sih merawat baterai yang benar dan memperpanjang umurnya? berikut ini ulasan lengkapnya tentang 5 cara ampuh memperpanjang umur baterai smartphone serta Tablet anda

Cara Memperpanjang Umur Baterai Hp

1. Hindari Mengisi Dayaa Terlalu Lama atau Overhigh

Mengisi daya baterai terlalu lama secara terus menerus ini memang sangat tidak di anjurkan karena akan membuat kerusakan sel sel yang ada dalam baterai. Ya memang begitu fatal akibatnya, pengisian ini dapat mengakibatkan logam dari lithium melepuh, akan lebih baik jika mengisi daya baterai sesuai dengan yang dianjurkan saja. Hal ini akan lebih bagus serta bisa memperpanjang umur baterai.

BACA JUGA  Cara Memperjelas Foto Blur Tanpa Aplikasi

Akan tetapi sekarang sudah banyak beredar smartphone yang canggih dalam pengisiannya. Contohnya sudah terdapat teknologi yang merancang system untuk mematikan daya pengisian jika baterai hp sudah penuh. Tujuannya dengan mengembangkan teknologi tersebut supaya dapat memperpanjang umur baterai hp dan menjadi lebih awet.

2. Hindari Fast Charging

Memang pengisian fast chargiing atay ultra cepat ini akan sangat membantu dalam proses pengisian baterai, terlebih jika anda tidak mempunyai waktu yang lama untuk untuk cas baterai Smartphone kalian. Namun kalian juga perlu tahu bahwa pengisian daya yang cepat akan berpengaruh pada umur baterai dalam jangka panjang,.Jadi pengisian baterai yang ultra cepat ini bisa membuat tekanan yang besar dalam baterai hp, maka umur baterai hp tidak akan panjang dan lebih rentan kerusakan.

3. Hindari Charger KW

Charger abal-abal memang menggiurkan untuk masalah harga, namun pengisian dengan charger abal-abal ini dapat merusak baterai hp. Alangkah baiknya jika charger kalian rusak atau bermaslah belilah charger yang ori supaya umur baterai hp bisa lebih panjang dan awet.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Fake GPS di Android dijamin berhasil

4. Proses Pengecasan

Langkah memperpanjangan umur baterai selanjutnya yang paling penting adalah saat pengecasan. Jika kalian ingin mengecas hp sebaiknya tunggu sampai baterai hampir habis, jangan sampai mati. Misalnya lakukan pengecasan baterai jika sudah menunjukan 15% – 20 % baru sabaiknya dicas. Supaya apa ? supaya bisa memperpanjang umur baterai hp kalia,.

Jangan lupa saat melakukan pengecasan sebaiknya jangan sambil digunakan ya. Supaya pengecasan memenuhi hasil yang maksimal dan lebih cepat jika tidak digunakan.

Cara Memperpanjang Umur Baterai HP

5. Mode pesawat

Penggunaan mode pesawat tidak mesti harus saat akan menggunaan transportasi udara seperti pesawat, tetapi juga baik digunakan saat smartphone memang tidak digunakan. Hal ini akan menghemat baterai sekian persen dan dengannya dapat memperpanjang umur  baterai hp kalian

6. Nonaktifkan WiFi/data seluler

Mematikan atau menonaktifkan penggunaan data atau wifi juga dapat memperpanjang usai baterai hp kalian. Kalian bisa menonaktifkan jika hp kalian sedang tidak digunakan saat bekerja ataupun saat mengecasnya.

7. Gunakan aplikasi Lite 

Saat menginstal versi ite lite ’atau versi‘ Go ’dari aplikasi, membuat ringan pada sumber daya sistem dan secara signifikan dapat mengurangi penggunaan baterai pada ponsel.

8. Batasi penggunaan lokasi

Cara memperpanjang umur baterai hp yang selanjutnya ini, adalah dengan mengatur penggunaan fitur lokasi. Penggunaan lokasi memang penting, bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, namun hal ini menyerap konsumsi baterai yang cukup menguras, mengingat koneksi data internet dibutuhkan, dan juga koneksi GPS diaktifkan. Penggunaan lokasi ini bisa dibatasi pada kebutuhan saja, jika memang tidak sedang digunakan, sebaiknya di nonaktifkan dulu saja.

BACA JUGA  Antivirus Terbaik Untuk Android 2023

9. Temperatur Suhu

Hal ini akan berpengaruh terhadap daya taha baterai anda, kapasitas baterai akan drastis cepat berkurang apabila di suhu 35 derajat keatas, dan dibawah 0 derajat celcius, jadi perhatikan anda saat meletakan Smartphone atau tablet anda. Karena hal ini akan memperpanjang usia baterai hp.

10. Turunkan jumlah aplikasi background

Menjadi rahasia jika aplikasi background yang jalan ada di belakang monitor, walau tidak tampilkan jendela aplikasinya atau Kita tidak terhubung pemakai interfacenya, tetapakan mengkonsumsi daya battery. Ingat aplikasi itu terus akan berjalan walau tidak dibuka. Contoh-contoh seperti whatsapp, bbm, dan line memang diperlukan dalam masalah ini. Tapi untuk aplikasi thir-party seperti games, aplikasi office, dan beberapa aplikasi utility yang memilik karakter persistent di background mekanisme, dapat kita awasi pemakaiannya.

11. Menyimpan Jangka Panjang

Apabila anda ingin menyimpan smartphone anda dalam jangka panjang, lebih baik anda pastikan daya terisi 50% dahulu untuk disimpan, dan perhatikan tempat penyimpananya, simpanlah ditempat yang sejuk dengan suhu dibawah 35 derajat, hal ini akan Memperpanjang Umur Baterai hp smartphone atau tablet anda.

 

About admin

Check Also

7 Cara Mengatasi Hp Lemot Xiaomi 2023

7 Cara Mengatasi Hp Lemot Xiaomi 2023

Cara Mengatasi Hp Lemot – Anda semua pasti sangat nyaman dengan kinerja Android saat pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *